Saat mendengar nama BRI yang terbayang adalah sebuah institusi bank terbesar dengan jaringan terluas yang tersebar di seantero Nusantara. Baik di kota-kota besar maupun kecil, bahkan di daerah pedesaan. Hal ini tentu seiring dengan sejarah panjang yang telah dilaluinya.

Museum BRI terletak di jalan Jend Sudirman, Purwokerto, bersebelahan dengan Kantor unit BRI cabang Wiriatmadja. Museum ini diresmikan oleh Kamardy Arief, Direktur Utama Bank Rakyat Indonesia pada tanggal 19 Desember 1990. Didirikan di Purwokerto karena di kota inilah cikal bakal BRI didirikan oleh Patih R Aria Wiriatmadja pada tanggal 16 Desember 1895.

Tampak depan Museum Bank Rakyat Indonesia dengan patung Aria Wirjaatmadja berdiri gagah

Adalah R Aria Wiriatmadja yang pada tahun 1895 merintis koperasi/mendirikan cikal bakal bank pertama di Indonesia ini dengan nama “De Poerwokertosche Hulp En Spaarbank der Inlandsche bestuur Ambtenaren”. Nama sang pendiri juga dijadikan nama jalan tempat bangunan bank ini berdiri dulunya. Patungnya pun diabadikan di depan museum. Hingga kini di lokasi ini masih dapat ditelusuri bangunannya yang masih utuh dirawat dan dilestarikan sebagai museum Bank BRI sebagai penerus. Persis berseberangan dengan kantor pusat BRI Purwokerto.

Di dalam museum yang terdiri dari dua lantai ini, pengunjung dapat menyaksikan maket kantor pusat BRI di Jakarta dan mendapat gambaran perkembangan Bank Rakyat Indonesia dari yang semula satu kantor bank kecil bernama De Purwakertosche Hulp-en Spaar Bank der Inlandsche Bestuur Ambtenaren atau Bank Priyayi hingga menjadi salah satu bank besar di Indonesia dengan kantar cabang sampai ke tingkat kecamatan-kecamatan di seluruh Indonesia. Juga dapat disaksikan koleksi mata uang logam dan kertas dari VOC sampai sekarang, termasuk juga mata uang Portugis Timor Timur dan mata uang logam masa Majapahit. Di lantai dasar, pengunjung dapat menyaksikan beragam sarana kerja yang digunakan dalam aktivitas perbankan.

Meskipun tak dipungut biaya masuk, museum ini sepi pengunjung. Mungkin belum banyak yang mengenal bahwa bank pemerintah yang terkenal itu lahir dan tumbuh di tempat ini. Meretas jalan panjang peran dalam perekonomian di negeri ini. Lewat sejarah kita dapat terus belajar tentang kearifan lokal yang seringkali terkubur nilai-nilai import yang kian menderu.

Latar Belakang dan Sejarah
Perwujudan rasa terima kasih dari generasi penerus kepada para pendahulu serta untuk mengenang jasa-jasa pendiri BRI, maka didirikanlah Museum Bank Rakyat Indonesia.
Lokasi Museum
Jalan Jenderal Sudirman No.57 Purwokerto
Telp. 0293-310230

Transportasi
Jarak tempuh dari Terminal Bus                :    4 Km
Jarak tempuh dari Stasiun KA                     :    1 Km
Koleksi
Koleksi Museum Bank Rakyat Indonesia  terdiri dari : Patung, Lukisan, Busana,Keramik, Foto, Dokumen, Meubelair, Teknologi, Uang logam, Uang kertas, Coin, Piagam.
Jadwal Kunjung
Senin  s/d  Kamis      :  09.00  -  14.00  WIB
Minggu                         :  09.00  -  12.00  WIB
Harga Karcis Masuk
Gratis
Fasilitas
Luas Tanah / Luas Bangunan : 1.066 m2 / 737 m2
- Ruang Pameran Tetap
- Ruang Perpustakaan
- Ruang Gudang Koleksi
- Ruang Administrasi
Organisasi
Jumlah Pegawai   10 orang
- Pimpinan Museum              : 1 orang
- Pembina Koleksi                 : 1 orang
- Bagian Administrasi           : 1 orang
- Security                                  : 3 orang
- Cleaning Service                 : 4 orang